cool hit counter

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Barat - Persyarikatan Muhammadiyah

 Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Barat
.: Home > Artikel

Homepage

Sejarah Pembentukan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Barat

.: Home > Artikel > Pimpinan Pusat
31 Juli 2018 05:43 WIB
Dibaca: 142
Penulis : Agung Hidayat

Pada tahun 2004 Provinsi Sulawesi Barat diresmikan yang merupakan hasil pemakaran dari Sulawesi Selatan sehingga membuat Muhammadiyah di daerah Sulawesi Barat (Majene, Polman, Mamuju) menyepakati pembetukan Pimpinan Muhamadiyah di Wilayah Sulawesi Barat. Usulan Pembentukan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Barat sudah dibahas sejak pada Musyawarah Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan pada tahun 2005 di Pare-Pare, musyawirin pada saat itu menyepakati agar dibentuknya Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Barat.

 

Selanjutnya, pada tahun 2005 Ketua Pimpinan Wilyah Muhammadiyah Sulawesi Selatan Drs, K.H. Nasruddin Razak bersama Dahlan Yusuf serta 2 orang dari Makassar datang ke Wonomulyo untuk mebahas pemekaran Muhammadiyah di Wilayah Sulawesi Selatan dengan Muhamadiyah Sulawesi Barat dan pada saat itu dirapatkan untuk pembentukan dan penyusunan struktur Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Barat dan yang memimpin persidangan pada saat itu ialah Pawennari Sikki yang merupakan ketua PCM wonomulyo rapat dilaksanakan di Kantor Muhammadiyah di jalan Jend Sudirman No.166 pada pagi hari. Rapat ini dihadiri oleh unsur pimpinan Muhammadiyah dari Mamuju, Majene dan Polewali Mandar. Yang hadir saat itu ialah H.Muh Yusuf Tuali, Mansur S.Ag, H.Asly Kaduppa, Drs.H.Junaedi Mattu, Nursalam, Ridwan Badullah, Muhtar Efendy.

 

Pada rapat ini di sepakati H. Muh Yusuf Tuali sebagai ketua Pimpinan Wilyah Muhammadiyah Sulawesi Barat dan Mansur.S.Ag Sebagai Sekretaris Pimpinan Wilyah Muhammadiyah Sulawesi Barat, H. Muh Yusuf Tuali dipilih karena dirasa mampu memimpin Pimpinan Wilyah Muhammadiyah Sulawesi Barat dan saat itu juga beliau menerima untuk memimpin Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Barat. Sehingga seusai rapat ini Rombongan Pimpinan Wilyah Muhammadiyah Sulawesi Selatan segera menindak lanjuti hasil rapat pada saat itu dan segera mengirim nama-nama Pimpinan Wilyah Muhammadiyah Sulawesi Barat ke Pimpinan Pusat Muhammadiyah sebagai hasil keputusan rapat serta untuk segera di buatkan surat keputusan Pimpinan Wilyah Muhammadiyah Sulawesi Barat oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah saat itu.

 

H. Muh Yusuf Tuali memimpin Pimpinan Wilyah Muhammadiyah Sulawesi Barat yang dipilih secara karateker dan pada tahun 2005 dilaksanakan Musyawarah Wilayah ke-1 Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Barat di Polewali Mandar tepatnya di Masjid Ta’mir Muhammadiyah Wonomulyo pada bulan desember, saat itu H.Muh Yusuf Tuali terpilih kembali menjadi ketua Pimpinan Wilyah Muhammadiyah Sulawesi Barat dan didampingi Mansur S.Ag. sebagai sekretaris. Pada hari ahad tanggal 18 Februari 2006 dilaksanakan pelantikan Pimpinan Wilyah Muhammadiyah Sulawesi Barat di Lapangan Pancasila Pekkebata Polewali.Kabupaten Polman. Dipusatkan di Lapangan Pancasila Pekkabata Polewali Kabupaten Polewali Mandar pada tanggal 18 Februari 2006 M bertepatan dengan 30 Muharram 1428 H.

 

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Barat resmi dilantik oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr. H.M. Din Syamsuddin, M.A. Pelantikan H.M Yusuf Tuali sebagai Ketua Pimpinan Wilyah Muhammadiyah Sulawesi Barat pertama, dilaksanakan bersama dengan pelantikan Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sulawesi Barat, oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Aisyiyah Prof Dr. Hj. Siti Chamamah Soeratmo. Hj. Marwah Tasman dilantik sebagai Ketua Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sulawesi Barat pertama.

 

Peresmian pelantikan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Muhammadiyah dan Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sulawesi Barat ini dirangkaikan dengan Peribgatan Milad Muhammadiyah ke-97 se Sulawesi Selatan dan Barat. Pada saat itu, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Muhammadiyah Sulawesi Selatan KH. Badaruddin Pagim, melepas dan menyerahkan secara resmi aset persyarikatan Muhammadiyah di wilayah Provinsi Sulawesi Barat kepada Pimpinan Wilyah Muhammadiyah Sulawesi Barat.

 

Adapun susunan personalia Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Barat adalah sebagai berikut.

 

Ketua: H.M Yusur Tuali,

Wakil Ketua: H Sukri Suyuti,

Wakil Ketua: H.M Husain Unding,

Wakil Ketua: Isra M Yusuf,

Wakil Ketua: Ridwan Badullah,

Wakil Ketua: Muhtar Efendy

Wakil Ketua: Junaedi Mattu

 

Sekretaris: Mansur.S.Ag

Wakil Sekretaris: Nurdin Pasokkori

Wakil Sekretaris: Nursalam

 

Bendahara: H.Hafid Malla

Wakil Bendahara: M Tahir

 

 

Adapun susunan personalia Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sulawesi Barat adalah sebagai berikut.

 

Ketua: Hj Marwah Tasman

Wakil Ketua: Hj Nursiang

Wakil Ketua: Hj Haisyah Kasim

Wakil Ketua: Hj Elly

Wakil Ketua: Hj Rukmini

 

Sekretaris: Jubariah .S.Ag

Wakil Sekretaris: Ramadani

Wakil Sekretaris: Halima

 

Bendahara: Aisyah Jafar

Wakil Bendahara: Hj Mufliha

Wakil Bendahara: Hanikah.

 

Ketua Muhammadiyah Sulawesi Barat Sejak Berdiri sampai sekarang ;

1. H. Muh Yusuf Tuali (Periode 2003-2015) 

2. H. Wahyun Mawardi S.Ag . M.Ag (Periode 2015-2020)

 

Sumber: SK PP Muhammadiyah dan PP Aisyiyah. 

 

Tags:
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori : Sejarah

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website